Ormas Pasang Spanduk Protes Jalan Rusak

ANTARA - Sejumlah organisasi massa dan gabungan pengusaha lokal se-Keresidenan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, memasang puluhan spanduk berisi protes terhadap kondisi jalan yang rusak parah.

Dari pantauan ANTARA, Jumat, puluhan spanduk yang bertuliskan "Jalan Hancur, Ekonomi Lebur" tersebut terpasang di sepanjang ruas jalan nasional Patimuan-Sidareja-Gandrungmangu dan ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Gandrungmangu hingga Karangpucung.

Seorang pengusaha di Sidareja, Mardiyo Abdul Azis, mengatakan pemasangan spanduk yang dilakukan Forum Peduli Jalan ini sebagai bentuk keprihatinan dan protes kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap terkait kondisi jalan yang rusak parah.

"Selain gabungan pengusaha lokal, Forum Peduli Jalan juga terdiri sejumlah organisasi Islam, antara lain MWC NU Kedungreja, Ansor/Banser Kedungreja, PCM Muhammadiyah Kedungreja, Pemuda Muhammadiyah Kedungreja, FPI Kabupaten Cilacap, dan MMI Kedungreja," katanya.

Menurut dia, Pemkab Cilacap dinilai kurang serius dalam menangani kondisi jalan yang rusak karena perbaikannya hanya menggunakan batu kapur.

Ia mengatakan, penimbunan jalan berlubang menggunakan batu kapur justru merepotkan warga karena rumah yang berada di dekatnya terkena debu sehingga berwarna putih.

"Bahkan, kalau hujan seperti karamel dan saat dilalui seperti kalau kita sedang berarung jeram. Kami juga kasihan pada anak-anak sekolah yang kesulitan untuk menjangkau sekolah dengan kondisi jalan seperti itu," katanya.

Dia mengatakan, Pemkab Cilacap harus segera mengambil tindakan untuk menangani jalan rusak sebagai antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami khawatir rakyat marah sehingga akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia yang juga pemilik Radio Kusuma FM Sidareja.

Menurut dia, masyarakat sudah terlalu lama menunggu sehingga pernah melakukan aksi penanaman pohon kelapa, pohon pisang, menanam padi, menabur ikan lele di ruas jalan yang rusak, dan yang terakhir aksi mogok awak bus pada 10-12 Januari 2011.

Terkait hal itu, dia mengatakan, sejumlah Forum Peduli Jalan akan beraudiensi dengan Pemkab Cilacap pada hari Senin (17/1) untuk membicarakan masalah perbaikan jalan.

"Kita akan audiensi, mampu nggak dia (pemkab, red.) melakukan perbaikan. Kalau tidak (mampu), kita akan melakukan sendiri," katanya.

Secara terpisah Pelaksana Harian Kepala Dinas Bina Marga, Sumber Daya Alam, Energi, Sumber Daya Mineral (Bina Marga, SDA, ESDM) Kabupaten Cilacap, Farid Ma'ruf mengatakan, pihaknya akan segera memperbaiki ruas jalan Wringinharjo (Gandrungmangu) hingga Karangpucung.

"Pada ruas tersebut memang ada program 'hotmix'. Akan tetapi karena keterbatasan anggaran, hanya akan dilakukan pada bagian yang rusak parah, antara lain di daerah Sindangbarang-Cinangsi" katanya.

Sementara yang lainnya, kata dia, akan ditindaklanjuti dengan pemeliharaan rutin maupun berkala.

Selain itu, lanjutnya, Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah juga akan melakukan pemeliharaan berkala pada ruas jalan Sidareja-Patimuan, Kawunganten-Sidareja, jalan lingkar timur yang melewati PLTU Cilacap, jalan lingkar barat yang melewati Kawasan Industri Cilacap hingga Karangkandri, dan Menganti-Kesugihan.

"Kelima ruas jalan tersebut akan diperbaiki pada tahun anggaran 2011 ini. Saat ini masih dalam proses lelang di tingkat provinsi maupun pusat," katanya. z

Sumber : Antara

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel